Laporan Prakerin SMK AKUNTANSI di Puskesmas



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan suatu proses pembelajaran dengan cara menerjunkan siswa pada suatu instansi perusahaan, sebagai salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi para siswa yang memadukan antara pendidikan di Sekolah dengan pendidikan di Dunia Industri yang diperoleh dengan melakukan praktik kerja secara langsung dan terarah untuk menambah keahlian tertentu.
Prakerin merupakan tempat bagi siswa untuk memaksimalkan kemampuan dalam hal menyeimbangkan teori dan praktik sehingga menghasilkan siswa yang berkompotensi dan bisa diandalkan.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu siswa-siswi SMK agar mengetahui cara kerja atau menangani pekerjaan dengan baik. Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini merupakan langkah awal bagi siswa-siswi untuk memasuki dan merasakan bagaimana dunia kerja yang sebenarnya, serta para siswa dapat mengaplikasikan segala teori dan praktik yang saling berkaitan dan saling menunjang.
Jadi kegiatan praktik ini harus benar-benar dijadikan pengalaman yang berdampak positif bagi para siswa-siswi. Juga dapat menjadikan pendorong bagi mereka untuk turut serta meningkatkan profesionalitas siswa yang siap terjun langsung kedunia kerja.
Adapun tujuan diadakan Praktik Kerja Industi (Prakerin) diantaranya sebagai berikut :
A.    Bagi Siswa-Siswi
1)      Untuk memenuhi syarat penyelesaian tugas akhir dan mengikuti uji kompetensi akuntansi
2)      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan professional dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
3)      Mengetahui perbedaan antara lingkungan DU/DI dengan lingkungan Sekolah.
4)      Memperluas pandangan dan wawasan yang luas tentang dunia kerja.
5)      Menyiapkan diri menjadi tenaga kerja tingkat menengah mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang.
6)      Mendorong siswa agar mampu mengembangkan/ mengemukakan pendapatnya.
7)      Mampu mengembangkan dasar-dasar teori yang didapatkan dari sekolah yang berhubungan dengan hasil prakerin
B.     Bagi Lembaga pendidikan
Membantu program kerja sekolah serta dapat memperkenalkan dan menguji siswa-siswi nya yang telah di didik dan dibekali ilmu pengetahuan kepada instansi/ perusahaan ditempat Prakerin.
C.     Bagi Instansi perusahaan
Membantu staf instansi/ perusahaan dalam melaksanakan kegiatan operasional dilingkungan instansi/ perusahaan dan membantu meringankan pekerjaan dari para staf.
1.2   Tujuan Penulisan
A.    Tujuan Umum :
Adapun tujuan umum dari penulisan laporan Prakerin ini, antara lain :
1)      Sebagai bahan masukkan bagi sekolah dalam pengembangan materi
2)      Agar siswa mampu mengembangkan dasar-dasar teori yang didapatkan dari sekolah yang berhubungan dengan hasil prakerin
3)      Melatih dan mengingatkan keterampilan siswa dalam membuat karya tulis
B.     Tujuan Khusus :
Adapun tujuan khusus dari penulisan laporan Prakerin ini, antara lain :
a)      Untuk memenuhi syarat penyelesaian tugas akhir dan mengikuti uji kompetensi akuntansi
b)      Sebagai salah satu bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan Praktik Kerja Industri (Prakerin) dengan baik.
1.3  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
UPT. Puskesmas Menganti, dimulai dari akhir September sampai dengan pertengahan Desember untuk periode 2017. Dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal            : Senin-Sabtu (25-09-2017 s/d 26-12-2017)
Waktu                         : 07.00- 12.30
Tempat                       : UPT. Puskesmas Menganti
Alamat                        :Jl. Raya Menganti No.225
                                      Kec. Menganti Kab.Gresik
BAB II

PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
2.1 Sejarah Instansi / Perusahaan/ Industri
            UPT. Puskesmas Menganti berdiri pada tahun 1975, sebelumnya hanya  berupa klinik kesehatan.Sejak awal berdiri UPT. Puskesmas Menganti dipimpin oleh:
·         dr.Sidin Sinto Wahono ( 1975-1979 )
·         dr.Samsul Lawalahaji (1975-1985 )
·         dr.Rosari Agustin (1985-1991)
·         dr.Leanawati Poejiwo (1991-1996)
·         dr.Gatot Puernomo Atmodjo (1997-2003)
·         dr.Adi Witono Soetanto (2004-2009)
·         drg.Tjahjono Edi Widjajanto (2010 s/d sekarang)
2.2 Struktur Organisasi
            Struktur Organisasi UPT.Puskesmas Menganti di Bidang Manajemen dan Administrasi :
2.3 Fungsi dan Job Deskripsi
            Ibu Supriyatin, SE sebagai kepala Sub bagian Tata Usaha, beliau yang memantau segala urusan Administrasi ketatausahaan dan kepegawaian. Seperti :
1.      Mengarsipkan Surat masuk dan Keluar
2.      Membuat surat istirahat dan surat sehat
3.      Menyusun laporan kepegawaian
4.      Mendistribusikan obat Askes ke pasien Askes
5.      Melaksanakan administrasi dan pengelolaan inventaris/barang dinas (rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pemeliharaan dan pelaporan)
6.      Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, sebagai bahan monitoring dan evaluasi terhadap tugas/kegiatan kesekretariatan.
7.      Mengusulkan kenaikan gaji berkala dan kenaikan pangkat.
8.      Tugas-tugas lain yang didelegasikan oleh Kepala Puskesmas
Bapak Suwoto, SE beliau sebagai Sub bagian Sistem Infprmasi Puskesmas, beliau yang mengetahui dan mengsinkronasikan segala informasi yang berkaitan dengan UPT. Puskesmas Menganti, tugas beliau ialah:
1.      Operator Komputer Puskesmas
2.      Membalas dan mengkonsep balasan surat masuk
3.      Membantu tugas –tugas ketatausahaan
4.      Tugas-tugas lain yang didelegasikan oleh Kepala Puskesmas
Ibu Siti Khoiriyah, SE beliau sebagai Sub Bagian Keuangan dengan tugas :
1.      Pembantu Pemegang Kas Puskesmas
2.      Menerima setoran retribusi dari bidan , rawat jalan serta rawat inap
3.      Membuat laporan keuangan retribusi Puskesmas
4.      Menyusun skala prioritas anggaran yang dibutuhkan
5.      Mempersiapkan data pelaksanaan anggaran.
6.      Melaksanakan dan mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan
7.      Tugas-tugas lain yang didelegasikan oleh Kepala Puskesmas
Ibu Siti Aisyah, SE beliau menjabat sebagai Sekretaris dengan rincian tugas:
  1. Pengkoordinasian bidang-bidang dalam rangka penyusunan rencana strategis, program dan kegiatan serta penyusunan laporan tahunan dinas.
  2. Melaksanakan urusan administrasi kepegawaian antara lain kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, penggajian pegawai, mutasi dan lain-lain di lingkungan dinas.
  3. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian program dan kegiatan dinas.
  4. Menyusun rencana program dan kegiatan di lingkungan sekretariat.
  5. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan-laporan pelaksanaan kegiatan dinas.
6.      Tugas-tugas lain yang didelegasikan oleh Kepala Puskesmas

 
BAB III
URAIAN KEGIATAN
3.1         Tabel Pelaksanaan
3.1.1          Minggu  ke I
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin, 25/09/2017
Pengenalan lingkungan
Selasa,26/09/2017
Edit dan print 12 program
Agendakan surat
Rabu, 27/09/2017
Download,format, dan Print SDMK
Praktek buka ID
Kamis,28/09/2017
Izin Reformasi Osis
Jum'at,29/09/2017
Ketik dan print KP4, mengagendakan surat,edit dan ketik gaji berkala
Sabtu, 30/09/2017
Edit ID absent finger print PNS













Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin, 02/10/2017
Ketik POA 2017
Selasa,03/10/2017
Edit ID Finger Print pegawai PNS
Stampel Bukti pembayaran kwitansi
rabu, 04/10/2017
Ketik POA 2017
Print dan edit hasil ID FingerPrint
Kamis,05/10/2017
Penataan arsip dan SPJ
Pembuatan buku agenda
Jum'at, 06/10/2017
Edit dan print surat keterangan hamil dan surat keterangan meninggal
Sabtu, 07/10/2017
Penataan arsip pegawai
Print dan edit surat izin keluar
3.1.2        Minggu ke II









3.1.3          Minggu ke III
                                                                       
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin,09/10/2017
Buat buku registrasi dan izin keluar
Selasa,10/10/2017
Agendakan surat dan membuat buku cuti
Rabu, 11/10/2017
Stampel undangan dan Pelayanan apotik
Kamis,12/10/2017
Pembuatan format PPK 2017
Jum'at,13/10/2017
Pelayanan loket
Sabtu,14/10/2017
Pelayanan loket
Pembuatan format lanjutan PPK 2017




3.1.4          Minggu ke IV
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin,16/10/2017
Ketik SKP 2017
Selasa,17/10/2017
Pelayanan loket
Rabu, 18/10/2017
Format, Print & rekap absensasi pegawai
Kamis,19/10/2017
Pelayanan loket
Pembuatan bagan struktural UPT.Puskesmas Menganti
Jum'at,20/10/2017
Pelayanan loket
Edit dan rekap PKP 2017
sabtu, 21/10/2017
Agendakan surat
Pelengkapan lanjutan rekap PKP.17
Edit dokumen puskesmas

3.1.5          Minggu ke V
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin, 23/10/2017
Cek ID Finger Print pegawai PNS
Pelayanan loket
Pencatatan penyuluhan KIA
Selasa, 24/10/2017
Jilid rekap PKP/bulan Th 2017
Edit & print PROMKES ( Program Kesehatan )
Pendataan rekap SKP ( Standart Kinerja Pegawai )
Rabu, 25/10/2017
Pelayanan loket
Pendataan SKP ( Standart Kinerja Pegawai )
Membuat surat permohonan cuti
Kamis, 26/10/2017
Menyusun klaim operasional puskesmas Sep.2017
Pelayanan loket
Membuat cover SKP 2017
Jum'at, 27/10/2017
Pelayanan loket
Pembuatan cover SPJ 2017
Sabtu, 28/10/2017
Pelayanan loket
Pembuatan rekap izin keluar Oktober 2017
3.1.6          Minggu ke VI
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin, 30/10/2017
Pelayanan loket
Ketik rekap izin keluar Oktober.2017
Selasa, 31/10/2017
Evaluasi rencana berkala
Evaluasi rekap izin keluar Oktober.2017
Rabu, 01/11/2017
Pelayanan loket
Edit ID finger Non PNS Oktober.2017
Kamis, 02/11/2017
Pelayanan loket
Edit ID finger PNS  Oktober.2017
Jum'at, 03/11/2017
Pelayanan loket
Edit & Print ID Finger Print Pegawai PNS  Oktober.2017
Sabtu, 04/11/2017
Pelayanan loket
Input rekap Absen Oktober 2017

3.1.7          Minggu ke VII
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin, 06/11/2017
Pelayanan loket
Buat rincian jumlah jam kerja
Selasa, 07/11/2017
Revisi rekap izin keluar ID finger print Oktober 2017
Rabu, 08/11/2017
Pelayanan loket
Print KP 4
Kamis, 09/11/2017
Pelayanan loket
Input data SKP 2016
Jum'at, 10/11/2017
Pelayanan loket
Rename data pegawai
Sabtu, 11/11/2017
Pelayanan loket
Pembuatan buku daftar pasien

3.1.8          Minggu ke VIII
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin, 13/11/2017
Pelayanan loket
Rename data pegawai
Selasa, 14/11/2017
Pelayanan loket dan Agendakan surat
Rabu, 15/11/2017
Input rekap izin keluar
Verivikasi simpeg
Kamis, 16/11/2017
Pelayanan loket
Jumat,17/11/2017
Pelayanan loket
Sabtu, 18/11/2017
Libur karna komputer ID rusak

3.1.9          Minggu ke IX
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin, 20/11/2017
Pelayanan loket ( sistem baru )
Buat Format Input Gaji
Selasa, 21/11/2017
Pelayanan loket ( sistem baru )
Rabu, 22/11/2017
Pelayanan loket ( sistem baru )
kamis, 23/11/2017
Pelayanan loket ( sistem baru )
Jumat,24/11/2017
Pelayanan loket ( sistem baru )
Sabtu, 25/11/2017
Pelayanan loket ( sistem baru )
Input data rekap izin keluar bulan Nopember 2017

3.1.10      Minggu ke X
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin,27/11/2017
Pelayanan loket  (sistem baru)
Seiasa,28/11/2017
Pelayanan loket  (bistem baru)

Siapkan file pendaftaran clien baru
Rabu,29/11/2018
Pelayanan loket  (sistem baru)

Siapkan file pendaftaran client baru
Kamis,30/11/2017
Pelayanan loket  (sistem baru)

Edit ID Finger Print NON PNS
Jum'at, 01/12/2017
LIBUR MAULID NABI
Sabtu,02/12/2017
Edit ID absent finger print PNS

3.1.11      Minggu ke XI
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin, 04/12/2017
Pelayanan loket  (sistem baru)

Finish rekap izin keluar Nopember 2017
Selasa, 05/12/2018
Pelayanan loket  (sistem baru)
Rabu, 06/12/2017
Pelayanan loket  (sistem baru)
Penataan arsip cuti 2017
Kamis, 07/12/2017
Pelayanan loket  (sistem baru)
Jum'at,08/12/2016
Pelayanan loket  (sistem baru)
Sabtu, 09/12/2016
Pelayanan loket  (sistem baru)

3.1.12      Minggu ke XII
Hari/Tanggal
Uraian kegiatan yang dilakukan
Senin,11/12/2017/
Pelayanan loket  (Sistem Baru)
Selasa,12/12/2016
Pelayanan loket  (Sistem Baru)
Rabu, 13/12/2017
Pelayanan loket  (Sistem Baru)
Kamis,14/12/2017
Pelayanan loket  (Sistem Baru)
Jum'at,15/12/2017
Pelayanan loket  (Sistem Baru)
Sabtu, 16/12/2017
Pelayanan loket  (Sistem Baru)

3.2  Materi yang Diajarkan
Materi yang di ajarkan di UPT.PUSKESMAS MENGANTI adalah sebagai berikut:
1.      Agendakan Surat
Siswa diharapkan dalam prakerin harus bisa memenuhi apa yang di inginkan DU/DI tersebut. Dalam mengagendakan surat perlu sebuah ketelitian. Terutama harus memperhatikan perihal dan penempatan surat tersebut.
2.      Edit ID Absen Finger Pegawai
Selain agendakan surat, edit ID Finger  pegawai sebagai absen kehadiran kerja pegawai merupakan hal yang penting dan membutuhkan ketelitian. Karena hasil edit ID Finger tersebut mempengaruhi nilai kerja dan besar gaji pegawai.
3.      Pencatatan dan Pelaporan
Pencatatan hasil kegiatan oleh pelaksana dicatat dalam buku-buku register yang berlaku untuk masing-masing program. Setiap pegawai wajib memberikan catatan dan laporan sesuai dengan jabatannya masing-masing.
4.      Pelayanan loket
Siswa diharapkan bisa bersosialisasi dengan masyarakat dan terbiasa dalam menghadapi client.
5.      Donwload, edit, dan Print Dokumen (Program)
Dokumen dan Program-program pada UPT. Puskesmas Menganti yang merupakan acuan dari Dinas Kesehatan Gresik biasanya didapat dari Email ataupun website, siswa prakerin diharap dapat mendownload, mengedit hingga print dokumen tersebut sebagai acuan ketika dibutuhkan seperti pada kegiatan rapat atau lainnya.
6.      Cara mengoperasikan Aplikasi Microsoft Word
7.      Cara mengoperasikan Aplikasi Microsoft Excel
  BAB IV
PEMBAHASAN
4.1  Rumusan Masalah
     Bagaimana cara menyelesaikan permasalahan “administrasi dalam kinerja UPT. Puskesmas Menganti”.
4.2  Pemecahan Masalah
     Dalam memecahkan rumusan masalah tersebut, penulis dapat menyelesaikannya dengan tahap berikut :
1.         Menyelesaikan dengan cara bermusyawarah seperti pada pertemuan atau kumpulan dikala rapat untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.
2.         Meminta pembimbing untuk melihat apakah pekerjaaan kita sudah benar atau belum.
3.         Melengkapi peralatan kantor yang belum tersedia.
4.         Memanfaatkan ruang kerja dengan sebaik baiknya.
BAB V
PENUTUP
5.1  Kesimpulan
Setelah penulis melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Dinas UPT. Puskesmas Menganti, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini sangat bermanfaat bagi para pelajar.
2.      Dengan adanya kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
3.       Menambah keterampilan siswa dalam setiap praktik dan menerapkan teori-teori yang didapat langsung pada objeknya.
5.2  Saran
5.2.1        Saran untuk pihak sekolah :
1.      Dengan adanya kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini diharapkan agar terjalin hubungan kerjasama yang lebih baik antara SMK Al-Ikhlash dengan UPT. Puskesmas Menganti.
2.      Pihak sekolah diharapkan agar dapat memantau perkembangan siswa yang sedang melaksanakan prakerin secara intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan bersama.
3.      Pihak pembimbing prakerin diharapkan lebih sering melakukan monitoring ke tempat prakerin agar dapat mengamati kegiatan dan perkembangan siswa selama prakerin.
5.2.2        Saran untuk DU/DI
a.       Pihak perusahaan dapat menjadikan siswa prakerin lebih maju dari pada sebelumnya.
b.      Bila ada suatu masalah yang siswa prakerin tidak paham sebaiknya di bimbing secara berkala.
5.2.3        Saran untuk siswa yang mengikuti prakerin:
Para siswa diharapkan agar lebih disiplin dalam segala hal dan diharapkan agar dapat membawa diri serta menjaga nama baik diri sendiri, keluarga maupun sekolah.

DAFTAR PUSTAKA

BUKU JURNAL PRAKTEK KERJA INDUSTRI “ PRAKERIN” SMK AL IKHLASH




  



Komentar

  1. Hemm bagus .. Karna Akuntansi itu digunakan dimanapun. Gk cuma di bank atau koperasi.. Goodjob

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah berdirinya Pondok Pesantren MIFTAHUL ULUM Tlogobedah Hulaan Menganti Gresik